Sabtu, April 26, 2008

Mengapa Saya Membuat Blog Ini

Saya sengaja meluangkan waktu untuk membuat blog ini agar teman teman pembaca tidak mengalami nasib yang sama dengan apa yang saya alami. Saya melihat banyak ketidak fairan mereka terhadap customer.

www.viraindo.com adalah toko yang berdiri sekitar pertengahan 2007 , melayani penjualan retail dan pengiriman via kurir metode transfer.
http://www.viraindo.com/pesan_online.html

Saat ini saya masih kuliah dan mencari sambilan (buat tambah tambah uang jajan) dengan menjual berbagai macam yang bisa saya jual salah satunya spare part komputer juga walaupun didaerah kampus saya dah banyak juga toko komputer yang berjualan , otomatis saya harus bisa mencari harga yang lebih murah dan garansi yang baik di banding dengan toko toko yang ada di sekitar kampus saya.

Singkat Cerita september 2007 saya menerima email dari orang yang saya tidak kenal menawarkan peralatan PC dan USB Flash Disk dengan harga yang murah dan bisa lihat online harga harian di www.viraindo.com , setelah melakukan cek harga di sekitar kampus saya bisa melihat ada selisih harga yang cukup untuk usaha menutupi ongkos kemanggisan - mangga dua kalau bisa beli barang sekitar 5 item , selisih barang cukup lumayan dibandingkan dengan harga sekitar kampus saya beda bisa selisih Rp.20.000 sampai Rp.30.000 , wahhh lumayan neh pikir saya.

Saya mulai transaksi disana dengan ko benny (orangnya masih muda kurus berkacamata) di virajaya , saat ini awal dari pertemuan saya menanyakan perihal garansi yang akan kita dapat karena saya harus mempertanggung jawabkannya lagi kepada teman teman saya yang membeli. Dijelaskan sama ko benny waktu itu bahwa semua barang yang dia jual adalah bergaransi resmi , 3 bulan peratama tukar baru harddisk garansi 3 tahun memory life time , mainboard ada yang 5 tahun , 2 tahun , dan 1 tahun garansi.

Singkat cerita saya ceritakan kesialan saya waktu itu , dah beberapa kali datang belanja dah mayan banyak deh barang yang saya beli disana. Setelah percaya saya putuskan untuk belanja online saja , barang di kirim oleh kurir mereka , waktu itu oleh marketingnya bu ika ongkos Rp. 40.000 di janjikan barang akan sampai di tempat kost saya jam 8 malam (antar setelah tutup toko katanya) , saya menunggu jam 8 belum datang juga jam 8.30 belum datang juga jam 9 belum datang juga akhirnya saya bel ko benny dan menanyakan mengenai kiriman saya , dan dia bilang tunggu sebentar akan di bel balik , jam 9.30 masih belom bel balik dan adatang juga akhirnya saya bel balik lage ko benny dengan perasaan yang sangat kecewa , dan di jawab katanya sory karyawannya tersesat dan kehujanan , loh saya bilang koqq gak bel saya kalau tersesat ???? dia bilang HP karyawannya dah gak ada pulsa , ya udah saya bilang saya minta nomornya , segera saya bel no karyawannya itu dan gak diangkat angkat ada saya bel sampai 4X bel gak diangkat2 , saya putuskan tunggu lage , jam 11 saya coba bel karyawannya tersebut dan diangkat , dia bilang masih berlindung dari hujan :( , bad day , saya janji ama temen saya mo anterin barang itu jam 9 malam , akhirnya barang sampai sekitar pukul 11.30 malam :( , lembur booo . kapok deh pake antaran layannya.

Dengan meminta maaf ke teman saya saya anterin itu barang , ampir gak percaya temen saya waktu itu sama saya :( , untuk solved :)

Solved????? , tidak .......................................................... seminggu kemudian harddisk seagate kapasitas 160gb sata nya gak kedeteck ?????? , ya udah saya cabut dan saya bawa aja ke mangga dua biar cepat selesai masalahnya saya pikir , sampai mangga dua waktu itu saya serahin langsung ke ko benny , di test dan memang gak kedetek lagi , ko benny bilang tunggu sekitar setengah jam , ya udah saya bilang saya mo jalan jalan dulu cuci mata lihat peralatan komputer lainnya di mangga dua dan dusit saya tinggalkan no hp saya sama mbak ika.

Satu jam kemudian saya gak dapet telp berati dah beres neh , mo cepet2 pulang juga soalnya tar sore saya ada janji lagi ama temen di kampus , saya datang kesana dan langsung tanya ko benny , shiiiiiiiiiit ternyata barangnya gak ada buffer , dijanjikan besok datang lagi aja , saya ngotot sama janji ko benny dulu masalah one to one replacement , trus dia bel lagi .......... mayan lama sampai 15 menitan di abilang emang gak ada buffernya , walaupun dia dah ngotot ama distributornya , akhirnya saya terima option untuk menerima barang saya lagi besok , tapi dengan catatan barang dianter ke saya jam 3 sore besok. Balik deh ke kost dengan lesu, bingung , dll jelasin ama temennya gemana :(

Sampai di tempat kost saya jelasin ama temen saya dengan rasa yang gak enak banget , jelasin dengan pelan pelan cerita awal sampai akhirnya , ya udah dia bilang malam ini dia tar pinjem komputer temeannya dulu buat bikin tugasnya , besok di tunggu tapi pasti ya , saya jawab PASTI dengan lega..

Besoknya sekitar jam satuan saya di telponin sama mbak ika , katanya harddisk saya itu ada chipsetnya yang rusak????? hahhhhhhhh ????? bengong saya dengernya , terus dia bilang kena charge Rp. 150.000 , saya bilang jelas jelas itu harddiskkemaren di terima dalam keadaan tidak terbakar , saya tidak terimaaaaaaaaaaaaaaaa keuntungan saya aja gak sampai segitu , gemana pula saya jelasin sama temen saya nya :( , saya bilang saya mau ngomong sama teknisinya hendrik lalu dia jelasin bahwa chipset yang bagian belakangnya yang kebakar gara gara listrik / power supplynya gak stabil , saya ngotot barang yang saya kasih kemaren gak ada cacat fisiknya saya cari ko benny untuk berargumentasi lagi mengenai hal ini dan teteap jawabnnya kena charge tampa memepertimbangkan saya harus jelasin ama temen sayanya gemana :(

Harddisk hari ini gak datang tambah harus kasih kabar kena charge Rp. 150.000 , coba jelasin pelan pelan ama temen saya , dan seperti yang saya duga dia marah besar ama saya , di bilang di mo teleponin tokonya , dan saya kasih nomor telepon virajaya , langsung telpon dengan ko benny , cukup lama argumennya setelah tutup , temen saya bilang dia gak mau tahu masalah Rp.150.000 itu dan itu adalah tanggung jawab saya , shiiiiiit dammmm , sialllllllllllllllll , ya udah daripada kehilangan temen saya bilang iya aja , setelah itu saya bel ke virajaya untuk langsung mengantarkan barang tersebut dan bersedia dikenakan charge. mang ada jalan laen lagi selain cara ini??? :( , lemah banget ya perlindungan konsumen di Indonesia , kemana saya harus mengadu .

Dah hampir 7 bulan PC tersebut gak ada gangguan lagi , dan semoga samapai abis garansi barang tersebut gak ada masalah lage :( , saat ini temen saya yang biasanya beli apapun barang dari saya sekarang tidak sama sekali plus dia gak akrab lagi gara gara kejadiaan ini.

Semoga tulisan yang saya buat ini bisa mengobati temen saya , semoga bisa ememafkan saya , minimalnya seperti dulu waktu saya belum jualan sama dia, enak ngbrol dan jalna bareng ama dia :(

Naas banget gue ya :(

8 komentar:

Billy Rousnaldy mengatakan...

Hehe.. Anak Binus ya bro? Sama donk gw juga..

Turut prihatin atas kejadian yang menimpa bro..

Tapi klo menurut gw, seharusnya temen lo gak bersikap seperti itu sama lo, karena biar gimana pun juga, itu kan bukan kesalahan lo.. Apalagi dia sendiri dah telpon langsung ke Vira nya..

Yaudah semoga temen lo bisa baca blog ini ya bro.. Semangat yah!

BlackOrange mengatakan...

waduh......

baru kemaren beli beberapa komponen di sana. Harddisk pula lagi....
mudah2an 3 taun awet tu hard disk.

dan ternyata banyak yang complain soal ni toko (terutama yang lewat paket/kurir ya sepertinya)

bener nih..setuju mesti dipajang secara online nih pelanggaran hak2 konsumen.

gue kira viraindo bikin website buat informasiin produknya karena pemiliknya ngikutin perkembangan teknologi....
ternyata cuma buat marketing aja yah....servisnya kopong

sampe kapan nih orang2 bisa gampang melek TI, kalo penjualan penjualan produk teknologi dimonopoli para oportunis haus uang

rhy_phu3.anna mengatakan...

ga bro doank ko yg sial, sy juga sial. emang malez bgt dah sama vira, pinter ngeles kaya bajai, asal bro tau aja sy juga pernah kaya gitu, di begoin sama teknisinya, cerita kaya gini di forum aja bro, byar kaga laku tu toko, mendingan quantum dah, pelayanannya yg okeh

iyan mengatakan...

betul gan kalo gt....mndingan di toko ane aja

Unknown mengatakan...

sriusan jelek??? tapi harga paling bagus kyknya... ato mending beli langsung ambil aja kali yaaa... Soalnya mau beli laptop sm dekstop jg...
Quantum dmn??

reza mengatakan...

saya juga beli di virajaya. waktu itu saya beli hardisk 1tera. dan tidak bisa ke detect. kemudian saya komplain ke vira dan akan di cek tapi selama masih ada kwitansi dan hardisk itu masih bisa ditukar asal labelnya jangan di copot sehingga dapat ditukar dengan yang baru. karena waktu itu saya ditukar dengan yang baru walaupun menunggu agak lama sekitar 2 minggu. untuk hardisk waktu masih bisa di recovery di pc temen jadi data masih bisa di buka dan di save di pc temen. itu pengalaman saya. so bijaklah untuk membeli produk.

San 99 mengatakan...

wah ane masih mo bei di vira neh
pi crta tmen2 yg gak puas bikin ane mo pikir dlu

Ois Chanel mengatakan...

Peletakan produk di toko Alfamart memang dikelompokkan sesuai dengan kategori barangnya. Untuk daftar makanan ringan snack di Alfamart, tidak akan dicampur dengan alat-alat kebersihan, kesehatan, atau kosmetik seperti wardah dan merk lain.

Makanan ringan alfamart biasanya saya jumpai di rak sebelah kiri, meskipun ini tidak pasti juga sih, sesuai dengan tata letak dari toko Alfamart itu sendiri.
Saat jalan-jalan ke pantai, kolam renang, atau liburan ke Bandung, Palembang, dan tempat lain, di pertengahan perjalan, saya sering membawa bekal jajanan enak Indomaret atau Alfamart
Yang gak akan ketinggalan, tentu saja air minum yang saya beli juga di Alfamart atau Indomaret, dan air mineral baik merk AQUA atau merk laia.
Baca Harga Aqua Galon di Alfamart
Membawa jajanan alfamart atau indomaret saat jalan-jalan merupakan hal yang wajib karena kalau tiba-tiba laper atau kehausan bisa langsung makan bekal snack tadi.
Membeli jajanan indomaret atau snack alfamart juga biasanya lebih murah dibandingkan beli di warung, apalagi warung di tempat wisata yang harganya jauh dimahalkan.
Oleh karena itu, membeli cemilan alfamart atau indomaret pasti jadi rutinitas saat kami akan jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang ada di Lampung.
Kita bisa membeli scank Happy Tos, Tiptop yang sedang promo minggu ini, serta jajanan enak indomaret lainnya.
Daftar Isi Artikel
Daftar Makanan Snack Enak di Alfamart Untuk Cemilan Ringan dan Jajanan Anak Plus Harganya
1. Makaroni panggang, snack merk Alfamart Favorit saya
2. Taro, jajanan anak di Alfamart yang tetap eksis dari jaman saya kecil hingga sekarang
3. Nyam-nyam, cemilan yang biasa dibeli anak saya
4. Chitato, snack keripik kentang di Alfamat yang gurih nikmat
5. French Fries, jajanan kerupuk kentang nikmat di Alfamart
6. Potabee, snack keripik kentang yang disukai anak-anak
7. Kacang Atom Garuda Pedas, cemilan di Alfamart favorit kami sekeluarga
8. Qtela dan Kusuka, cemilan keripik singkong di Alfamart dan Indomaret
9. Wafer tango pouchs, snack di alfamart yang praktis kalau mau dibawa traveling
10. Kacang kulit baik Garuda maupun Dua Kelinci di Alfamart
Daftar Makanan Snack Enak di Alfamart Untuk Cemilan Ringan dan Jajanan Anak Plus Harganya
Dari daftar makanan di Indomaret dan Alfamart, jika kita lihat, jenis snack dan cemilan yang dijual di kedua minimarket ini memang hampir sama.
Di kedua minimarket ini pasti ada cemilan keripik singkong, kacang atom, aneka jenis roti dan kue, jajanan khas merk Indomaret dan Alfamart, dan pasti ada juga keripik kentang serta jagung yang dijual.
Meskipun seringkali lokasi toko kedua minimarket ini berdekatan, harga snack di alfamart dan indomaret biasanya ada perbedaan.
Oleh karena itu, bisa saja kita survei harga dulu sebelum membeli jajanan cemilan ringan di alfamart dan indomaret hehe.
Berikut ini beberapa jenis snack makanan ringan enak di Alfamart yang enak buat jajanan saat bepergian:
1. Makaroni panggang, snack merk Alfamart Favorit saya
Salah satu snack paling enak yang dijual di Alfamart adalah makaroni panggang. Snack Alfamart ini memang asli produk dari Alfamart.
Saat suami saya ke Jakarta, terkadang membawa pulang snack makaroni panggang ini. Pertama kali kenal snack makaroni panggang juga saat suami pulang dari Jakarta.
Anak saya pun suka banget sama snack Alfamart Makaroni Panggang yang rasanya gurih dan tidak pedas, cocok buat cemilan santai.
Sayangnya, jajanan makanan ringan di Alfamart ini tidak ada di Alfamart Lampung.